Langsung ke konten utama

4 Aplikasi Wajib di Smartphone Pebisnis Online

Seperti kawan-kawan ketahui, era smartphone dan dunia internet memunculkan banyak pengguna smartphone yang tidak hanya menggunakan smartphone untuk berkomunikasi (eksis) tapi juga untuk berdagang (bisnis).

Mulai dari dropshipping, toko online, reseller, mitra, agen maupun produsen semakin marak menggunakan smartphone sebagai alat untuk komunikasi dengan pelanggan mereka. Ada yang memanfaatkan aplikasi BBM Messagger, LINE, Instagram, Facebook, Twitter serta beberapa aplikasi social media / social chat lainnya untuk berjualan online.
Tapi sebenarnya untuk mengefisiensi fungsi smartphone sebagai alat bisnis online, kita juga perlu menambahkan beberapa aplikasi selain aplikasi social media diatas. Hal tersebut untuk menunjang pergerakan dan kenyamanan kita sebagai pebisnis (pedagang) online untuk melakukan kampanye (promosi) lewat online khususnya smartphone.

Berikut beberapa aplikasi tambahan yang sebaiknya terpasang di smartphone para pebisnis online:

1. Smart Keyboard Pro
Smart keyboard pro pada ponsel android membantu kita mengefektifkan dan meringkas pengetikan yang seringkali kita lakukan. Fungsinya sama dengan autotext pada ponsel blackberry.
Coba bayangkan betapa repotnya bila kita harus berulang kali mengetikan kata yang sama. Dengan smartphone keyboard pro anda cukup mengetikan karakter tertentu dan secara otomatis karakter tersebut akan digantikan dengan kata / kalimat yang telah kita atur.
Misalkan kita mengatur bahwa setiap kali kita mengetik "orderr" lalu menekan spasi, maka kata "orderr" akan digantikan dengan kalimat "Untuk pemesanan barang kami, silahkan balas pesan ini dengan nama#alamat#no.hp#namabarang#jumlahbarang#. terima kasih"

Bukankah ini membuat kita semakin cepat tanggap dalam membalas satu per satu pertanyaan-pertanyaan dari customer seperti harga, detail barang, fitur barang, dan lain sebagainya.

Pada playstore tersedia dua versi Smart Keyboard Pro  yakni yang free dan yang berbayar. Yang berbayar hanya seharga Rp. 12.900,- dan saya menggunakan aplikasi ini. Sangat disarankan anda menginstall yang berbayar untuk mendapatkan semua fitur-fiturnya.

Untuk anda yang ingin mencoba versi gratisannya bisa langsung download via playstore atau klik link ini https://play.google.com/store/apps/details?id=net.cdeguet.smartkeyboardtrial

2. Raja Ongkir
Tidak bisa dipungkiri proses menjual dan membeli barang secara online memerlukan jasa pengiriman seperti di Indonesia beberapa jasa pengiriman yang kita kenal adalah JNE, TIKI, POS Indonesia, Wahana dan berbagai jasa pengiriman lainnya. Raja Ongkir memudahkan kita mengecek berapa harga ongkir di masing-masing jasa pengiriman tersebut. Tentu ini sangat membantu ketimbang kita menginstall satu per satu aplikasi yang sebenarnya disiapkan juga oleh masing-masing jasa pengiriman tersebut. Hebatnya lagi aplikasi Raja Ongkir ini sejauh yang saya gunakan untuk berjualan online sangat cepat dan tampilanya user friendly.
Hal ini membuat kita yang baru menggunakannya pun dengan cepat akan paham bagaimana menggunakan aplikasi ini. Untuk yang ingin mencoba aplikasi buatan tahutek network ini, silahkan cek pada link playstore berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=net.tahutek.rajaongkir

3. Share It
share itIni adalah aplikasi yang membantu anda untuk memback up secara cepat gambar-gambar screenshot testimony, transaksi dan semua foto-foto produk serta video-video produk yang anda miliki dalam smartphone anda. Dengan kecepatan transfer datanya yang 100++ MB membuat saya sangat menyarankan anda memasang aplikasi ini pada smartphone anda. Selain itu juga aplikasi ini bisa sewaktu-waktu anda gunakan untuk menggantikan pointer yang tertinggal saat anda ingin melakukan presentasi serta menampilkan secara cepat foto-foto pada ponsel anda ke layar monitor / proyektor. Untuk melakukan sambungan hape dan computer anda tentu selain aplikasi ini anda pasang pada smartphone anda, juga pasanglah pada computer anda.
Tampilannya yang user friendly dan free ini membuat saya merekomendasikan aplikasi ini untuk smartphone anda. Silahkan download aplikasinya pada https://play.google.com/store/apps/developer?id=SHAREit+Technologies+Co.Ltd

4. Viva Video
Nah buat kawan-kawan yang sering berjualan di instagram dengan memposting video pendek, viva video menjadi salah satu aplikasi yang recomended banget. VivaVideo adalah salah satu aplikasi kamera video & editor video terbaik di bursa Android. Aplikasi ini memiliki 100 juta pengguna di seluruh dunia dan telah beberapa kali menjadi unggulan di Google Play dengan menerima peringkat sebagai aplikasi editor video dan pembuat video gratis Nomor 1 di lebih dari 70 negara. Dengan VivaVideo, Anda dapat dengan mudah membuat kisah video dan membagikannya kepada teman dan keluarga, mengubah momen indah sehari-hari menjadi sebuah karya seni. Hebatnya aplikasi ini sudah dapat terhubung dengan instagram dan line. Aplikasi karya anak bangsa Indonesia ini bisa anda download  pada link dibawah ini.https://play.google.com/store/apps/details?id=com.quvideo.xiaoying. 

Itulah 4 aplikasi yang bisa anda pasang pada smartphone anda bila anda menggunakan smartphone anda untuk berjualan online. selamat mencoba. 


Postingan populer dari blog ini

Membuat Poster Countdown Dengan Excel dan Word

Harus kita akui kawan, era internet saat ini selain memunculkan beragam masalah sebenarnya turut pula menghadirkan beragam peluang. Dunia online saat ini bagi sebagian besar para pelaku marketing memanfaatkannya untuk melakukan penjualan, promosi barang, ataupun aktivitas marketing lainnya.

Cara Cepat Buat Artikel Di Microsoft Word Dengan Memanfaatkan Fasilitas ClipBooard

Cara Cepat Buat Artikel Di Microsoft Word Dengan Memanfaatkan Fasilitas ClipBooard Silahkan tonton video berikut:

Cara Posting di Instagram Lewat Komputer Tanpa Aplikasi Apapun

Tutorial singkat ini sangat membantu teman-teman yang ingin posting di Instagram lewat komputer tanpa menggunakan aplikasi apapun. Bagi yang terbiasa menonton lewat video silahkan nonton videonya pada frame video dibawah yang saya buat pada channel saya di https://www.youtube.com/c/belajarotodidak Namun bagi teman-teman yang terbiasa membaca tutorial berbentuk text step by step saya jabarkan dibawah.  Baca Juga :  Cara Posting di Instagram Lewat Komputer (PC) Langkah yang teman-teman lakukan untuk posting (upload) foto di Instagram lewat komputer (Pc) atau laptop tanpa menggunakan aplikasi apapun adalah sebagai berikut: 1. Silahkan jalankan browser Google Chrome anda dan buka www.instagram.com lalu login dengan akun instagramnya 2. Setelah login seperti gambar diatas, sekarang tekan Ctrl + Shift + I hingga tampilan jendela Google Chrome anda 3. Setelah tampil seperti gambar dibawah, anda cukup mengklik icon camera (lihat tanda panah pada gambar dibawah) Saya r